July 24, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Sariawan Disebabkan oleh Kuman dan Bakteri

Masalah mulut terkadang sering dianggap remeh oleh banyak orang, padahal kenyataannya banyak dampak buruk akan datang. Salah satu penyakit paling tidak disukai dari kesehatan mulut adalah sariawan. Rasa sakit dan perihnya sariawan disebabkan oleh berbagai faktor.

Kenali Penyebab Sariawan Dalam Mulut

Sariawan menjadi salah satu penyakit paling tidak menyenangkan dan bisa menjadi hambatan Anda untuk bersenang-senang. Oleh karena itu lebih baik Anda mengenal berbagai macam penyebabnya agar bisa menghindarinya dan menjaga kesehatan gusi dan mulut lebih bagus.

  1. Canker Sores

Pertama Anda bisa saja terkena sariawan dikarenakan oleh faktor kesehatan seperti kurangnya nutrisi masuk ke dalam tubuh atau bekas terkena gigitan terlalu tajam hingga akhirnya meninggalkan luka. Misalnya saja Anda tengah makan sambil bicara tidak sadar tergigit di bagian dalam mulut.

Bisa saja hasil gigitan itu akan menyebabkan sariawan yang membuat Anda merasa kesakitan. Masih banyak lagi faktor bisa menjadi pemicu mendorong tumbuhnya sariawan dalam mulut. Jika Anda bukan orang yang sabar dengan penyakit ini sebaiknya hindari semaksimal mungkin.

  1. Cold Sores

Faktor kedua yang bisa saja menjadi penyebab dari sariawan berasal dari lingkungan luar. Gusi yang sudah membengkak karena berisi lepuhan cairan dan bisa saja pecah ketika digaruk tanpa sengaja. Inilah mengapa pembengkakan gusi sangat dihindari oleh sebagian orang.

Hal ini dikarenakan biasanya memang banyak orang merasa tidak tahan dengan beberapa efek samping dari sariawan yang ditimbulkan dari cold sores. Anda bisa saja terkena demam tinggi, risiko dehidrasi parah dan juga infeksi pada bagian lain atau di sekitar pembengkakan tersebut.

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Jangan salah, ternyata mengkonsumsi makanan terlalu pedas secara berlebihan akan membuat mulut Anda terkena sariawan. Mungkin dalam beberapa menit awal Anda akan merasa tetap baik-baik saja dan menikmatinya, namun berbeda lagi jika dilakukan tanpa tau batasan.

Inilah mengapa sariawan sering menyerang orang-orang yang suka sekali dengan makanan pedas. Selain itu bisa juga berasal dari kebiasan minum minuman terlalu panas dan membuat lidah kelu. Kebiasan buruk ini akan memicu terbukanya luka pada area mulut bagian dalam.

  1. Perubahan Hormon

Hal lain yang bisa saja menjadi faktor munculnya penyakit sariawan adalah perubahan hormon, dan ini sering terjadi pada perempuan menjelang menstruasi. Sariawan bisa saja muncul disaat Anda mengalami rasa tertekan, cemas, atau perubahan emosi karena hormon tidak stabil.

Jadi tidak melulu sariawan akan muncul karena tergigit saja. Ada banyak faktor bisa membuat Anda terkena penyakit ini. Penyakit ini sebenarnya tidak serius dan bisa sembuh hanya dalam waktu 2 hari saja. Namun jangan sampai Anda meremehkannya.

  1. Cedera Tak Sengaja

Terakhir bisa saja sariawan muncul dikarenakan faktor tidak terduga seperti saat pemakaian kawat gigi, jika tidak dipasang benar-benar pas dengan kondisi mulut akan menggores gusi dan menyebabkan luka. Sehingga langsung membuatku nyeri dan akhirnya muncul sariawan.

Cedera tak sengaja lainnya bisa saja terjadi karena mengunyah makanan terlalu keras dan tajam sehingga selalu bersinggungan dengan gusi. Tekstur gusi yang lembut tentu saja akan langsung terluka karena terus ditusuk-tusuk makanan tersebut.

Itulah beberapa jenis penyebab mulut bisa terkena sariawan. Seperti yang Anda ketahui, sebenarnya sariawan mudah sekali untuk disembuhkan dan cara penanganannya. Asalkan tidak meremehkannya saja dan segera ditangani dengan baik.