7 Cara Presentasi yang Baik Agar Dapat Diterima Oleh Audience

Setiap orang mempunyai gaya presentasi masing-masing. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi apa yang mereka presentasikan. Memang, ada hal-hal lain juga, seperti rasa percaya diri, penguasaan materi, tema yang disampaikan dan cara presentasi yang baik. Hal ini penting, guna kemajuan presentasi itu sendiri.

Bagi Anda yang sedang berkutat dalam sebuah project dan mengharuskan untuk melakukan sebuah presentasi, ada baiknya menyiapkan diri. Maksimalkan diri untuk menyampaikan materi dengan cara presentasi yang baik.

Cara Presentasi yang Baik Agar Pencapaian Lebih Efektif

Berikut ini, ada 7 cara yang bisa Anda terapkan agar presesntasi Anda menjadi lebih menarik dan efektif.

Menunjukan passion

Menujukkan passion pada saat presentasi kepada para audiens yang terlibat, sangatlah penting.

Meski Anda telah menyiapkan sebuah materi yang hebat dan tertata, tetapi jika gairah Anda akan materi ini tidak terpancar, akan sangat mempengaruhi penyampaian yang ada. 

Passion yang terpancar, akan membuat hal berbeda bagi para audiens. Seperti ada rasa chemistry yang membuat orang betah untuk mendengarkan. Selain itu, passion dapat memancarkan rasa semangat. Bukan hanya pada diri Anda saja, tetapi juga mereka yang mendengar.

Pembukaan yang Memukau

Sangat penting untuk memukau seseorang pada menit-menit awal kemunculan. Anda hanya mempunyai waktu tiga menit pertama untuk membuat para audiens untuk tetap duduk manis hingga akhir presentasi. Jadi, pastikan untuk melakukan presentasi yang menggebrak di awal.

Lakukan Dengan Singkat dan Lugas

Jangan bertele-tele saat melakukan presentasi. Apalagi terlalu banyak perumpaan atau mengatakan hal tidak penting yang tidak ada kaitannya dengan materi yang Anda bicarakan. 

Saat Anda melakukan presentasi, sebaiknya sampaikan materi dengan lugas dan singkat mengenai poin-poin materi. 

Kerahkan fokus Anda pada pembukaan dan penutupan presentasi. Karena hal inilah yang paling banyak diingat orang.

Selain itu, pada saat melakukan penyampaian materi, biasanya Anda akan didukung dengan peralatan pendukung presentasi. Seperti pembuatan slide. Buatlah slide materi tersebut terlihat menarik dan tidak membosankan. Sebaiknya buatlah dengan cara sederhana dan tidak membuat orang gagal fokus dengan template yang norak dan tidak eye catching.

Rileks

Presentasi dengan berdiam diri dan hanya menggerakan sedikit bagian tubuh saja, seperti kepala dan tangan untuk menunjukan fokus materi, sudah ketinggalan jaman. Terlihatu kaku dan menegangkan.

Sebaiknya, saat Anda melakukan presentasi, lakukan penguasaan panggung. Bergerak di atas panggung dengan cara slow atau dramatis, mengikuti penyampaian Anda. Sesekali tidak ada salahnya untuk bergerak menuju audiens. Hal ini untuk mendekatkan jarak Anda dengan mereka, agar pencapaian menjadi lebih bisa diterima dengan baik.

Kontak Mata

Untuk membuat hubungan Anda dan para audiens menjadi lebih dekat, lakukan kontak mata. Jangan lupa, untuk memberikan senyum ramah dan penuh semangat, saat Anda memandang mereka

Mengenali Audiens

Mengenal dengan siapa Anda bicara, akan banyak membantu bagaimana Anda harus mempresentasikan materi yang ada. 

Akan sangat lucu, jika Anda memresentasikan sesuatu, tetapi bahasa yang digunakan terlalu tinggi buat peserta atau seakan merendahkan mereka. 

Lakukan riset, siapa saja yang akan hadir di saat presentasi itu.

Penampilan

Saat Anda melakukan presentasi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tampilan Anda. 

Tampilan yang baik dan sopan adalah wujud penghargaan Anda kepada para audiens yang mendengarkan. 

Demikian 7 cara presentasi yang baik agar penyampaian lebih efektif dan diterima oleh audiens. Tidak lupa, Anda juga bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk mempermudah presentasi Anda agar terlihat lebih profesional. Semoga bermanfaat. 

7 Cara Presentasi yang Baik Agar Dapat Diterima Oleh Audience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top