July 24, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

7 Tips Mengurangi Rasa Ngantuk Saat Melakukan Ibadah Puasa

Ada banyak cara menghilangkan kantuk saat berpuasa di siang hari. Nah, penasaran seperti apa saja kegiatan tersebut? Simak ulasan mengenai tujuh cara menghilangkan kantuk saat berpuasa seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mengonsumsi Asupan Sehat

Cara menghilangkan kantuk saat berpuasa yakni dengan mempersiapkan langkah yang tepat terlebih dahulu. Saat sahur dan berbuka puasa, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan berbagai nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Selain itu, penuhi pula kebutuhan cairan dengan mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya. Dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi, maka tubuh pun akan tetap prima dan jauh dari rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari.

2. Melakukan Hobi

Selain itu, cara menghilangkan kantuk saat berpuasa yakni dengan melakukan hobi atau kegiatan yang digemari. Dengan melakukan hobi, otak pun akan teralihkan dari rasa kantuk yang luar biasa. Lakukan kegemaran Anda seperti bermain game, membaca buku, atau lain sebagainya.

Otak akan tetap bekerja dan mendapatkan banyak asupan oksigen jika tubuh banyak melakukan gerakan. Sehingga, saat berpuasa usahakan untuk tetap bergerak dan hindari untuk berdiam diri terlalu lama.

3. Mendengarkan Musik

Selain melakukan hobi, mendengarkan musik juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan rasa kantuk saat berpuasa. Caranya, cukup putat lagu atau musik favorit untuk didengarkan.

Usahakan untuk memilih musik dengan genre yang mendukung untuk beraktivitas kembali. Temukan stamina dan konsentrasi Anda kembali dengan memutar musik pilihan. Dengan musik yang tepat, maka otak pun akan tetap aktif dan berkonsentrasi, siap melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Tetap Fokus Bekerja

Cara menghilangkan kantuk saat berlebih yang selanjutnya yakni dengan tetap fokus dan berkonsentrasi untuk bekerja. Berpuasa bukan lah menjadi suatu alasan untuk bermalas-malasan dan beristirahat dengan waktu yang berlebihan.

Tetap gunakan waktu di pagi dan siang hari untuk memicu otak bekerja dengan melakukan aktivitas berpikir. Dengan berpikir, maka rasa kantuk berlebih pun dapat dihindari.

Di sela-sela melakukan serangkaian aktivitas saat bekerja, Anda juga dapat sesekali berbincang dengan rekan kerja. Hal ini juga dapat membuat otak akan terus aktif memberikan tanggapan dan respon dari perbincangan dengan orang lain.

5. Hindari Penggunaan Gadget Berlebihan

Zaman terus berkembang, gawai tak luput menjadi salah satu barang berharga yang kini kian menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Berbagai kebutuhan pun seolah tersedia lengkap di dalam smartphone yang kian canggih.

Namun, hal ini bukan berarti Anda dapat terpaku dan berdiam diri untuk bermain ponsel sepanjang hari. Hal ini dapat menjadi pemicu bagi Anda untuk mengalami rasa kantuk berlebih. Hindari untuk menggunakan ponsel dalam waktu yang lama dengan aktivitas yang tak produktif.

6. Hindari untuk Duduk Terlalu Lama

Selain itu, cara menghilangkan kantuk saat berpuasa yakni dengan menghindari untuk duduk terlalu lama. Anda dapat sesekali berjalan-jalan sebentar untuk mendapatkan udara segar dan oksigen.

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih muncul. Selain dengan berjalan, Anda juga dapat melakukan peregangan agar tubuh kembali menjadi segar dan prima untuk beraktivitas kembali.

7. Mendekati Sinar Matahari

Cara menghilangkan kantuk saat berpuasa yang terakhir yaitu dengan mendapatkan paparan sinar matahari. Usahakan untuk terus berada di ruangan yang menghadap sinar matahari cukup. Sementara itu, hindari untuk beraktivitas di ruangan yang gelap dan jauh dari paparan sinar matahari.

Hal ini membuat mata dan tubuh Anda memberikan reaksi alaminya untuk selalu terjaga. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari rasa kantuk yang luar biasa di siang hari.