May 7, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

5 Manfaat Mengkonsumsi Matcha, Kaya Anti Oksidan Dan Bisa Turunkan Berat Badan

Terdapat berbagai jenis teh yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat luar biasa. Salah satu teh yang diketahui paling menyehatkan adalah jenis teh hijau.

Pada teh hijau sendiri, terdapat berbagai jenis yang memiliki rasa dan manfaat berbeda. Salah satu teh hijau yang paling lezat dan terkenal adalah matcha.

Teh hijau jenis matcha cenderung memiliki bentuk yang berbeda dari teh lain karena berupa bubuk. Hal ini menjadikan matcha cenderung berwarna lebih hijau secara menyeluruh pada minuman yang diseduh.

Tidak hanya memiliki rasa yang yang lezat, matcha juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat luar biasa dari konsumsi teh jenis ini.

1. Kaya Antioksidan

Matcha memiliki kandungan katekin, yaiut antioksidan alami yang sangat kaya di dalamnya. Antioksidan ini bisa membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya yang bisa menjadi penyebab kerusakan sel maupun penyakit kronis.

Walaupun berbentuk bubuk, matcha memiliki seluruh nutrisi dari daun teh. Menyeduh matcha bisa menjadi cara yang lebih ampuh untuk memperoleh antioksidan secara maksimal dibanding dalam bentuk daun teh.

2. Melindungi Fungsi Hati

Hati memiliki peran vital pada kesehatan kita untuk membuang racun, mencerna obat, serta memproses nutrisi. Sejumlah penelitian menemukan bahwa matcha terrnyata bisa membantu melindungi kesehatan hati.

3. Meningkatkan Kerja Otak

Banyak orang mengonsumsi teh atau kopi untuk memacu dan meningkatkan kinerja mereka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah komponen matcha bisa membantu meningkatkan fungsi kerja otak.

Matcha diketahui memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibanding teh hijau. Selain itu, terdapat juga kandungan L-theanine yang bisa meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak dan bermanfaat untuk membuat tubuh rileks dan menurunkan tingkat stres.

4. Mencegah Kanker

Matcha merupakan salah satu minuman dengan segudang senyawa di dalamnya yang sangat menyehatkan. Kandungan di dalam teh ini juga diketahui bisa mencegah terjadinya kanker.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak teh hijau bisa menurunkan ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Walau begitu, penelitian ini masih dilakukan secara terbatas dan butuh penelitian lebih lanjut.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada sejumlah suplemen penurun berat badan, ada kemungkinan bahwa ekstrak teh hijau berada di komposisinya. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa mempercepat metabolisme untuk meningkatkan penggunaan energi serta membakar lemak.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi ekstrak teh hijau bahwa konsumsi dalam jumlah cukup bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen. Walau sejumlah penelitian ini berfokus pada manfaat ekstrak teh hijau, namun hal yang sama kemungkinan juga dapat diperoleh dari konsumsi matcha.