April 11, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Catat Bahan-bahannya! 6 Obat Tradisional buat Sembuhkan Bisul Secara Alami

Bagaimana cara mengobati bisul menggunakan ramuan obat tradisional ala rumahan? Simak selengkapnya. Bisul biasanya ditandai dengan kemunculan benjolan merah kecil berisi nanah pada kulit. Selain itu, benjolan tersebut juga akan menimbulkan rasa nyeri.

Bisul atau furunkel paling sering timbul di bagian punggung, ketiak, tengkuk, dan muka. Hal ini terjadi karena bagian bagian tubuh tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Selain itu, bisul juga dapat muncul pada kelopak mata yang dikenal dengan sebutan bintitan.

Banyak penderita bisul parah sampai harus menjalani operasi di rumah sakit. Tapi tahukah kamu, bahwa bisul ternyata bisa diredakan dengan obat tradisional? Sebelum membahas obat alami yang bisa menyembuhkan bisul, mari kita pahami terlebih dahulu penyebab munculnya bisul

Melansir Mayo Clinic, kebanyakan bisul disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan di kulit dan di dalam hidung. Benjolan terbentuk saat nanah terkumpul di bawah kulit. Bisul terkadang juga dapat berkembang di tempat tempat di mana kulit telah rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga, yang membuat bakteri Staphylococcus aureus mudah masuk.

Bila seseorang berkali kali dihinggapi bisul atau sekaligus dalam jumlah besar, ada kemungkinan terdapatnya penyakit sebagai penyebab infeksi, seperti penyakit diabetes mellitus. Pada orang dengan daya tahan tubuh renah, misalnya penderita flu, bisul dapat memicu komplikasi berbahaya, yakni keracunan darah (sepsis) akibat perbanyakan bakteri dalam darah. Pada keadaan ini, penderita perlu berobat ke dokter.

Sementera, untuk orang sehat, bisul hanya merupakan suatu infeksi yang merepotkan, bersifat menular tapi tidak berbahaya. Berikut ini adalah cara mengobati bisul secara alami yang dapat dipraktikan di rumah: Melansir WebMD, kompres air hangat dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah ke permukaan atau keluar dari kulit.

Bisul dapat pecah dengan sendirinya setelah beberapa kali mendapatkan kompres hangat. Ini biasanya terjadi dalam 10 hari sejak kemunculannya. Anda dapat membuat kompres hangat dengan merendam kain cuci dalam air hangat, kemudian diperas.

Saat bisul mulai mengering, cuci dengan sabun antibakteri sampai semua nanah hilang dan bersihkan dengan alkohol untuk mengurangi risiko infeksi dan mempercepat pemulihan. Melansir Health Line, minyak atsiri pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul. Minyak pohon teh tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, karena dapat memiliki efek terbakar.

Campurkan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh kelapa atau minyak zaitun. Masukkan minyak pohon teh yang sudah diencerkan ke kapas dan oleskan ke daerah kulit yang muncul bisul 2 3 kali sehari. Lakukan langkah ini setiap hari sampai bisul “matang”, pecah, dan benar benar hilang.

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang keduanya dapat membantu menyembuhkan bisul dan membuangnya dengan cepat. Bubuk kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun sebagai pengobatan timur. Menariknya, Anda dapat memilih untuk menelan bubuk kunyit, menggunakannya secara topikal untuk mengobati bisul, atau keduanya.

Untuk mengonsumsinya, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, dan minum 3 kali sehari setelah dingin. Untuk menggunakannya secara topikal atau oles, campur kunyit dengan air dan atau jahe untuk membuat masker, dan oleskan ke bagian yang muncul bisul setidaknya 2 kali sehari. Garam epsom terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengobati bisul.

Garam ini dapat membantu menguras nanah dan menyebabkan bisul mengering. Untuk memanfaatkannya, larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area yang muncul bisul selama 20 menit.

Lakukan ini setidaknya 3 kali sehari sampai bisul hilang. Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Senyawa ini bersifat anti inflamasi yang kuat. Minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri yang kuat, sehingga membuatnya menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bisul.

Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bagian bisul setidaknya 3 kali sehari sampai hilang. Minyak mimba yang juga dikenal sebagai lilac India, memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul dengan cepat. Untuk mengobati bisul dengan minyak mimba, oleskan minyak ini langsung ke bisul 3 4 kali sehari.

Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan pengobatan bisul ini