Ini Tips Agar Hasilnya Kriuk & Kenyal Maksimal Resep Cimol Pedas yang Mudah Dibuat di Rumah

Cimol menjadi makanan ringan yang mudah dibuat di rumah. Makanan berbahan tepung kanji ini berbentuk bulat bulat kecil. Cimol dimasak dengan cara digoreng dan dimakan dengan tambahan bumbu bumbu.

Membuat cimol pedas ternyata mudah dan praktis untuk dipraktikkan oleh pemula. 25 gram bubuk pedas manis 1. Biang, rebus air sampai mendidih. Tuang ke dalam tepung sagu. Aduk sampai bergumpal. 2. Masukkan daun bawang, bawang putih, garam, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata. 3. Tambahkan tepung sagu sedikit sedikit sambil diaduk sampai kalis. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. 4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

5. Beri bumbu bubuk pedas manis. Masih dikutip dari , ini tips agar hasilnya kriuk dan kenyal maksimal: Untuk membuat cimol yang enak, kita butuh membuat biang dulu.

Biang ini diperlukan supaya adonan cimol yang terbuat dari tepung sagu itu tidak terlalu alot teksturnya. Jadi, biang dibuang menggunakan tepung terigu. Nantinya, terigu akan mengimbangi tekstur kenyal tepung sagu supaya rasanya jadi kenyal dan empuk.

Cukup masak tepung terigu protein sedang dengan air sampai mengental lalu angkat. Adonan seperti lem lengket inilah yang disebut biang lalu nantinya akan dicampurkan dengan sagu dan aneka bahan lain. Untuk membuat biang, adonan terigu cukup 1/4 dari sagu.

Jadi, kalau membuat cimol dengan ukuran 400 gram tepung sagu, terigunya cukup 100 gram saja. Kalau sudah membuat biang, tidak usah lagi menambahkan air panas saat membuat adonan cimol. Jadi, tinggal campurkan adonan biang dengan tepung sagu, garam dan penyedap, lalu aduk sampai rata.

Setelah semua siap, tinggal goreng cimol dalam minyak panas. Banyak orang takut karena cimol bisa meledak saat digoreng. Cimol yang meledak karena perbedaan suhu antara minyak dan cimol.

Adonan cimol biasanya hangat karena dibuat menggunakan adonan biang yang dimasak. Jadi, saat masih hangat ini segera saja goreng cimol dalam minyak panas. Jangan mendiamkan adonan sampai jadi dingin.

Mulai panaskan minyak saat cimol sedang diadon. Sehingga, minyak sudah siap panas segera setelah adonan juga siap. Gunakan minyak yang banyak supaya cimol bisa langsung digoreng semua.

Ini Tips Agar Hasilnya Kriuk & Kenyal Maksimal Resep Cimol Pedas yang Mudah Dibuat di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top