Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 47 48 49 50 51 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 6

Berikut ini kunci jawaban Tema5 Subtema1 Pembelajaran3 Kelas 4 SD/MI Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Buku Tematik Kelas 4 SD Tema5 edisi revisi 2017 memiliki judulPahlawanku. Kemudian, Subtema1 Buku Tematik berjudul Perjuangan Para Pahlawan.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran3 di halaman 22, 23, 24 dan 25. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Edo sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba tiba Edo terjatuh. Akibatnya, kaki Edo memar. Edo berteriak kesakitan. Lani yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya. Lani mengobati luka memar pada kaki Edo.

1. Apa yang terjadi pada Edo? Jawaban: Edo terjatuh saat bermain bola di lapangan.

2. Apa yang dilakukan Lani terhadap Edo? Jawaban: Lani segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya.

3. Apakah sikap Lani sudah mencerminkan sikap kepahlawanan? Jelaskan jawabanmu! Jawaban: Ya, sikap Lani sudah mencerminkan sikap kepahlawanan karena Lani menolong orang lain yang memperlukan bantuan.

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani menerapkan sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Lani mengobati Edo yang sedang luka memar.

Bagaimana ciri ciri luka memar? Jawaban: Terjadi perubahan warna kulit menjadi kebiru biruan maupun memerah.

Terdapat pembengkakan atau benjolan di permukaan kulit. Terasa nyeri ketika disentuh. Berdasarkan bacaan tentang Raja Balaputradewa pada halaman selanjutnya, jawablah pertanyaan berikut.

Apa yang dilakukan oleh Raja Balaputradewa? (jawab di nomor 1,2 dan 3). Jawaban: Menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terkuat.

Memperluas wilayah kerajaan Sriwijaya. Mendirikan biara di Nalanda, pusat agama Budha di India. Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Balaputradewa dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Sangat setuju,Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena berani dan pantang menyerah berjuang untuk membuat rakyatnya hidup dengan aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaan dibawah kepemimpinan Balaputradewa .

Pantang menyerah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat sifat cahaya? Sampaikan lagi sifat sifat cahaya tersebut kepada teman di sebelahmu. Jawaban:

Cahaya merambat lurus Cahaya dapat dipantulkan Mampu menembus benda bening

Mengalami pembiasan Dipancarkan dalam bentuk radiasi. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Tahukah kamu para pahlawan sering mengalami cedera ketika mereka bertempur melawan penjajah. Mereka mengalami cedera, mulai dari cedera yang ringan hingga cedera berat. Pada bagian sebelumnya kamu telah mengetahui cara mengatasi cedera, yaitu luka memar. Sekarang, kamu akan berlatih lebih lanjut cara cara mengatasi cedera tersebut. Secara berpasangan, diskusikan kembali langkah langkah dalam mengatasi cedera memar. Gambarlah langkah langkah dalam mengatasi cedera tersebut, mulai dari langkah awal sampai akhir. Beri keterangan pada setiap gambar.

Jawab: Jawaban sesuai kreativitas siswa masing masing karena soal tersebut berupa pertanyaan terbuka yang artinya setiap siswa bisa menggambar langkah langkah dalam mengatasi cedera sesuai kreatifitasnya. Presentasikan dan peragakan gambar yang telah kamu buat dalam kelompok. Hal hal penting apa yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?

Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan? Sikap apa saja yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari hari? Jelaskan dan peragakan kepada orang tuamu cara mengatasi luka memar. Minta mereka menulis komentar tentang penjelasan dan peragaanmu tersebut.

Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *