February 9, 2023

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Panduan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja, Anak Muda Wajib Tahu!

Program kartu prakerja sampai saat ini masih terus dijalankan oleh pemerintah. Dari program ini peserta bisa mendapatkan pelatihan dan insentif uang. Cara mendapatkan kartu prakerja sangatlah mudah. Jadi jika merasa membutuhkan pelatihan dan insentif tersebut, langsung saja ikuti panduan cara di bawah ini.

1. Pahami Dulu Syaratnya

Pertama-tama harus paham dulu apa saja syarat agar bisa mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja. Berikut adalah beberapa syarat untuk mendaftar kartu prakerja:

  • WNI di atas 18 tahun.
  • Tidak tercatat menempuh pendidikan formal.
  • Posisi mencari kerja, terkena PHK, pelaku UMKM, dan ingin meningkatkan kompetensi.
  • Bukan warga yang menerima bantuan sosial.
  • Bukan pejabat negara, ASN, anggota TNI, anggota POLRI, perangkat desa, dan tidak menjabat petinggi di BUMN serta BUMD.
  • Dalam 1 KK maksimal ada 2 NIK yang menerima kartu prakerja.

2. Lakukan Pendaftaran

Jika sudah merasa memenuhi syarat langsung saja lakukan pendaftaran. pendaftarannya bisa diakses secara online lewat www.prakerja.go.id. Langsung saja masukkan semua data yang diinginkan di sana dan selesaikan sampai proses verifikasi. Nanti calon peserta juga akan diminta untuk menyelesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar.

3. Update Informasi di Media Sosial

Setelah mendaftar, bukan berarti langsung diterima sebagai peserta kartu prakerja. Harus menunggu dulu sampai program dibuka. Jadi pastikan untuk update media sosial kartu prakerja supaya bisa langsung tahu kalau ada gelombang yang terbuka.

4. Klik Gabung saat Gelombang Dibuka

Cara mendapatkan kartu prakerja sangatlah mudah. Jika sudah selesai mendaftar maka tinggal klik opsi Gabung saat ada gelombang yang terbuka. Nantinya data yang sudah didaftarkan tadi secara otomatis akan langsung diperiksa dan diseleksi.

5. Tunggu Pengumuman Lolos

Setelah klik opsi Gabung, maka tunggu saja sampai ada pengumuman. Biasanya pengumuman lolos atau tidak ini juga akan diinformasikan lewat media sosial. Namun peserta harus langsung melihat dashboard masing-masing di website prakerja untuk melihat status.

Cara mendapatkan kartu prakerja begitu mudah jadi jangan sampai tidak mencoba. Terutama untuk anak-anak muda yang sedang mencari kerja atau sedang mengelola UMKM. Program ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan bisa memberi suntikan dana yang bisa dimanfaatkan secara efektif.