May 21, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Panduan Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setiap orang memiliki berat badan yang bervariasi. Tidak semuanya memiliki berat badan ideal. Anda juga tentu bisa melihat sendiri bahwa orang-orang di sekitar lingkungan kita memiliki berat badan yang berbeda-beda. Lalu, seperti apa cara menghitung berat badan ideal sehingga Anda bisa cek kondisi tubuh sendiri? Lewat pemeriksaan ini Anda bisa tahu apakah termasuk golongan orang yang obesitas atau ideal.

Menghitung Berat Badan

Pada dasarnya menghitung berat badan iniĀ  memang cukup mudah untuk dilakukan. Informasi ini cukup penting untuk Anda ketahui karena ikut berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut adalah dua cara pengukuran berat badan yang ideal:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Cara pertama ialah Body Mass Index atau BMI. BMI adalah langkah hitung berat badan ideal berdasar tinggi dan berat tubuh. Disamping itu, langkah ini didasari pada umur dan bisa dipakai oleh seorang yang telah berumur 20 tahun atau lebih. Dan, untuk umur di bawah 20 tahun tidak disarankan.

Lewat pemakaian kalkulator BMI, maka diketahui apa seorang terhitung dalam kelompok berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, langkah ini bisa menimbulkan kesalahpahaman untuk atlet yang banyak beraktivitas fisik. Ini karena berat tubuh datang dari massa otot, hingga atlet dapat dipastikan mempunyai berat tubuh berlebih, tetapi sebetulnya tidak. Untuk menghindar kekeliruan dalam memakai kalkulator BMI, berikut sejumlah hal yang penting Anda kenali:

Angka BMI normal ada pada range 18,5-25.
Bila angka BMI di atas 25, memiliki arti Anda mempunyai berat tubuh berlebih.
Kebalikannya, bila angka BMI di bawah 18, memiliki arti berat tubuh Anda kurang.
Bila angka BMI di atas 40, seharusnya dilaksanakan penanganan segera, karena angka ini memperlihatkan pertanda bahaya untuk kesehatan.
Sistem penghitungan:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (meter)

Jadi contohnya, bila berat tubuh Anda 47 kg dan tinggi tubuh 1,63 mtr., nilai BMI Anda ialah 47:(1,63)=17.8. Angka itu mengisyaratkan berat tubuh Anda terhitung di bawah rata-rata.

Langkah Hitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Sistem selanjutnya ialah memakai rumus Broca. Rumus itu dibuat oleh Paul Broca dan menghitung berat badan ideal berdasar lelaki dan wanita. Ini karena lelaki dan wanita mempunyai komposisi badan yang berbeda. Walau lelaki dan wanita mempunyai cara yang lain dalam hitung berat tubuh bagus, tetapi rumus ini tidak sulit. Berikut langkahnya:

Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10 persen]

Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15 persen]

Sebagai contoh, untuk lelaki, bila Anda mempunyai tinggi badan 170 cm, karena itu langkah hitungnya ialah (170-100) – [(170-100) x 10%], 70-7=63. Ini memiliki arti berat badan ideal Anda ialah 63 kg.

Dan, untuk wanita dengan tinggi badan 158, karena itu langkah hitungnya ialah (158-100) – [(158-100) x 15%), 58-8,7=49,3. Ini memiliki arti berat badan ideal Anda ialah 49,3 kg.

Cara Menjaga Berat Badan

Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal yang benar, kini Anda juga perlu tahu bagaimana cara menjaga berat badan. Sebagian besar orang memang akan mengeluhkan masalah berat badan jauh dari angka ideal.

Perhatikan Jenis Makanan yang Dimakan

Diet yang bagus ialah diet yang tidak membuat badan sakit. Disamping itu, penting untuk diingat jika diet tidak berarti tidak makan sama sekalipun. Badan masih tetap memerlukan konsumsi makanan untuk bahan bakar agar dapat jalankan perannya secara baik. Agar tidak alami peningkatan berat badan berlebihan, penting untuk pilih jenis makanan yang diperlukan badan, yakni makanan yang memiliki kandungan gizi komplet, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan serat.

Teratur Olahraga

Rajin olahraga menjadi salah satunya langkah jaga berat badan ideal yang disarankan. Dengan lakukan olahraga dengan teratur, Anda dapat capai berat badan yang ideal.

Bagaimana bila Anda repot bekerja? Tak perlu cemas. Anda dapat memakai tangga dibanding dengan lift untuk ke lantai tertentu di kantor Anda. Disamping itu, Anda pun tidak boleh kelamaan duduk terdiam di muka meja kantor.

Tiap satu jam sekali, bangkitlah dari tempat duduk lalu jalan di area kerja. Kerjakan stretching dengan gerakkan badan ke kiri dan kanan. Ini akan membuat lancar peredaran darah dan menolong membakar kalori pada tubuh.

Banyak Minum Air Putih

Agar berat badan masih tetap ideal, lakukan untuk banyak minum air putih dalam satu hari. Karena, konsumsi cairan dapat membantu memperlancar mekanisme metabolisme badan. Ini bisa juga membantu mekanisme pencernaan lebih lancar dan badan dapat membakar lemak semakin banyak.

Menyisihkan Waktu untuk Tidur Berkualitas

Tidur benar-benar berkaitan dengan mekanisme kerja tubuh. Kekurangan tidur berpengaruh jelek pada perubahan hormon pengontrol rasa lapar dan kenyang, mengakibatkan rasa lapar seringkali tiba. Umumnya orang yang kekurangan tidur, lebih gampang tergoda konsumsi makanan kurang sehat dan malas olahraga. Bahkan juga, kekurangan tidur bisa turunkan mekanisme metabolisme badan.

National Sleep Foundation merekomendasikan orang berumur 18-64 tahun untuk tidur sekitaran 7-9 jam. Tetapi, durasi waktu tidur yang bagus dapat begitu bervariasi untuk tiap orang.