November 29, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Satu Diantaranya Negara Terkecil Dunia Ini 10 Negara Tertua di Dunia

Berdasarkan Konvensi Montevidio tahun 1933, suatu wilayah bisa disebut sebagai sebuah negara jika telah memiliki empat unsur utama. Ada 10 negara tertua di dunia dengan menggunakan parameter tersebut. Keempat unsur itu adalah memiliki penduduk yang menetap, punya wilayah tertentu, mempunyai pemerintahan, dan mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Aturan yang tercantum dalam Pasal 1 Konvensi Montevidio ini masih menjadi acuan bagi setiap pembentukan sebuah negara baru. Walau begitu, sudah ada banyak negara yang lahir sebelum aturan tersebut berlaku dan dianggap sebagai sebuah negara yang sah, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Pada umumnya negara negara tersebut telah memiliki empat unsur tersebut. Melansir All the Rooms, berikut 10 negara tertua di dunia yang bertahan hingga hari ini:

Banyak sejarawan yang beranggapan, Ethiopia adalah salah satu negara tertua di dunia. Secara umum disepakati, Ethiopia berkembang sebagai negara pada 980 SM. Negara ini juga jadi satu dari sedikit negara di Afrika yang tidak pernah jatuh ke tangan penjajah, kecuali saat ada di bawah kuasa diktator Italia, Benito Mussolini pada 1930 an. Bicara soal negara bangsa tertua, tentu tidak bisa lepas dari Yunani. Orang orang Yunani dikenal telah mengajarkan konsep konsep ilmu pengetahuan, filsafat, dan seni yang menjadi dasar peradaban modern di Eropa.

Sistem pemerintahan Yunani sudah tercatat rapi sejak 5.000 6.000 tahun yang lalu. Meski saat ini wilayah teritorialnya sudah banyak berubah, budayanya masih tetap terjaga hingga saat ini. Wilayah Portugal secara resmi telah diakui pada 1139. Dengan ini, Portugal menjadi negara tertua di Eropa. Bahkan ibu kotanya, Lisbon, dikenal jauh lebih tua dari Roma. Kaisar pertama Jepang, yang disebut sebagai keturunan dewi matahari Amaterasu, naik takhta pada 660 SM berdasarkan catatan Jepang. Negara ini sudah melewati beberapa dinasti.

Saat ini, peran Kaisar di Jepang hanya sebagai simbol budaya tertinggi saja. Mesir juga jadi negara yang memiliki sejarah sangat panjang. Namanya bahkan sudah muncul di berbagai kitab agama agama Samawi. Peninggalan sejarah kerajaan Mesir diidentifikasi berasal dari era ribuan tahun sebelum masehi. Pada abad 9 10 M, Mesir mulai berdiri sebagai negara modern dengan pengaruh Islam yang sangat kuat.

Selain menjadi salah satu negara tertua di dunia, San Marino juga merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Dalam catatan sejarah, negara ini secara resmi dibentuk pada 301 SM. San Marino menyusun konstitusi resminya pada 1600 M. China memiliki peran penting dalam pembentukan peradaban di wilayah Asia Timur. Dinasti pertamanya, Dinasti Xia, disebut sebut telah memerintah dari 2070 SM 1600 SM.

Meskipun sistem kekaisarannya saat ini sudah runtuh, sebagian besar wilayah China kuno masih tetap utuh sampai saat ini. Sejarawan memperkirakan, Prancis resmi berdiri pada abad ke 5 M, ketika Raja Clovis naik takhta. Sejak saat itu Prancis memperluas wilayahnya melalui jalur kolonialisme. Selama ribuan tahun, Prancis memainkan peran penting dalam perkembangan sejarah dunia.

Baca Juga: Tepat 73 tahun yang lalu, Inggris hadiahkan kemerdekaan pada India Sama seperti banyak negara lainnya dalam daftar ini, Iran juga melalui berbagai fase sebelum berdiri sebagai negara. Catatan sejarah menunjukkan, negara kuno Iran telah ada sejak 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Di era modern, Iran sempat dikenal sebagai Persia, sebelum akhirnya berubah menjadi Iran pada 1930 an.

Daratan India disebut telah dihuni peradaban manusia modern sekitar 1500 SM saat Peradaban Weda terbentuk. Peradaban ini disebut menjadi cikal bakal ajaran Hindu. Selama ribuan tahun India melewati pemerintahan banyak dinasti. India modern resmi berdiri pada 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris.