June 19, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Man pulling suitcase and entering hotel room. Traveler going in to room or walking inside motel with luggage. Travel and holiday apartment rental concept.

Sewa Apartemen Bulanan Jakarta dengan Beragam Pilihan

Melihat perkembangan properti akhir-akhir ini memang sudah berubah. Jika dulu orang lebih suka menabung untuk beli rumah, sekarang kebanyakan lebih senang sewa apartemen bulanan Jakarta. Banyak kota-kota besar juga dimana masyarakatnya sendiri menyukai tinggal di bangunan apartemen.

Beberapa Pilihan Sewa Apartemen Bulanan Jakarta Murah

Walaupun namanya apartemen bukan berarti semuanya memiliki desain interior layaknya hotel bintang 5. Masing-masing memiliki jenis dan tipe harga berbeda. Ada beberapa tipe atau konsep dari apartemen yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat modern.

  1. Tipe Apartemen Studio

Pertama yang paling familiar di telinga adalah jenis apartemen studio yang banyak dijual di pasaran. Ruang yang hanya bisa ditinggali satu orang saja dimana fasilitasnya adalah kamar terpisah dari kamar mandi. Di dalamnya tidak ada sekat jadi Anda bisa memanfaatkan space untuk berbagai keperluan.

Bisa sebagai ruang makan, ruang tamu sekaligus tempat bekerja. Di dalamnya juga ada dapur mini dengan interior meja bar dan lemari. Konsep yang diusung kebanyakan memang minimalis simpel praktis. Sehingga penghuninya bisa hemat biaya perawatan walaupun agak sempit dan membosankan.

  1. Tipe Alcove Studio

Kemudian ada juga tipe alcove studio, penampakannya memang tidak beda jauh dengan tipe studio biasa hanya saja bentuknya dibuat L dan punya space lebih luas. Kota Jakarta yang lahan bebasnya semakin sempit, namun setiap hari selalu ada pendatang membuat konsep seperti ini jadi pilihan terbaik.

Biasanya dalam apartemen alcove studio terdapat dua sekat yang membatasi antara ruang satu dengan lainnya. Anda bisa mendapatkan ruang tambahan dan bisa digunakan untuk meletakkan barang atau hal lainnya agar ruang utama terasa tidak begitu sesak. Untuk harga hanya selisih sedikit dengan tipe biasa.

  1. Tipe Apartemen Jenis Loft

Secara konsep jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya mirip juga dengan tipe studio biasa, hanya saja jarak langit-langitnya memang lebih tinggi dengan adanya loft atau loteng disana. Desain ini terlihat klasik dan cocok sekali bagi Anda yang senang berlama-lama di rumah saja, tinggal atur nuansa saja.

Dengan adanya loteng disana bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menyimpan barang atau justru kamar rahasia. Konsep tempat tinggal seperti ini punya kelebihan yakni sistem sirkulasi udaranya terasa lebih nyaman dan melegakan sebab punya langit-langit tinggi.

  1. Tipe Apartemen 1,2, 3 Kamar

Selanjutnya adalah apartemen yang sudah menyerupai fungsi sebuah rumah. Karena sudah ada beberapa ruangan di dalamnya dengan sekat. Tempat tinggal seperti ini cocok dipakai bersama teman atau orang yang sudah berkeluarga dan punya anak. Biaya sewanya juga bisa disesuaikan dengan luas apartemen, jadi tidak terlalu mahal.

Kelebihan dari jenis apartemen ini adalah sudah menyerupai fungsi rumah sehingga bisa menerima tamu dengan lebih baik. Ruangan yang sisa juga bisa dialihfungsikan menjadi area penyimpanan atau ruang kerja. Selain itu walaupun harganya mahal, tetap bisa memecahnya untuk dibagi bersama penghuni lain.

  1. Tipe Apartemen Convertible

Tipe apartemen satu ini sudah punya kelas lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Luasnya lebih besar dan sudah ada dinding pemisah berbentuk seperti kabinet sehingga bisa digunakan untuk penyimpanan berbagai barang, Misalnya buku, foto, atau perkakas dekorasi lain.

Karena sudah ada berbagai ruangan di dalamnya bisa dibuat untuk segala jenis kebutuhan seperti ruang tamu, kerja, atau dibiarkan kosong saja. Tinggal tempatkan beberapa furniture saja sebagai pelengkap untuk mengisi tempat tersebut. Namun siap-siap biaya sewanya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Beberapa Syarat Sewa Apartemen Jakarta

Sewa apartemen untuk dijadikan tempat tinggal memang sudah menjadi budaya baru di kota-kota besar, apalagi untuk kaum menengah dimana mereka lebih nyaman tinggal disana dibandingkan sewa kos. Nah berikut ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika seseorang berniat untuk sewa apartemen.

  1. Siapkan Dana

Setelah tahu berbagai tipe apartemen Anda bisa cari tahu nominal dana yang dibutuhkan. Lebih baik usahakan cari yang sesuai dengan kemampuan saja agar tidak memberatkan di kemudian hari. Apalagi di kota-kota besar dimana harga kebutuhan tergolong mahal. Jadi lebih baik semampunya saja.

Setelah menyiapkan dana sesuai dengan survei yang dilakukan, bisa mulai cari apartemen. Anda bisa coba masuk ke situs-situs sewa properti, disitu terdapat banyak pilihan lengkap dari kos, kontrakan, rumah, hingga apartemen. Sudah ada nomor pemiliknya juga sehingga bisa langsung di kontak.

  1. Membuat Kesepakatan dengan Pemilik

Setelah sudah kontak dan menemukan kesepakatan tinggal atur jadwal untuk bertemu. Sewa apartemen sebenarnya tidak ada bedanya dengan kos. Namun karena pengeluaran biaya lebih tinggi usahakan untuk melihat dulu tempatnya secara langsung, agar bisa tahu apakah layak harga sekian.

Setelah dirasa puas dan cocok, maka Anda bisa buat kesepakatan terkait tanggal pindah, pembayaran DP hingga pembayaran angsuran setiap bulan atau tahunan. Dengan begitu pemilik juga merasa terikat dan tidak akan menerima tawaran dari orang lain yang ingin sewa juga di tempat tersebut.

  1. Isi Dokumen dan Pembayaran DP

Terakhir adalah mengisikan dokumen identitas diri dan fotokopi KTP, KK, dan beberapa pelengkap lainnya. Setelah dirasa cukup biasanya Anda sudah bisa memberikan DP dan menerima kunci agar bisa langsung pindahan di tanggal yang sudah ditentukan.

Sewa apartemen bulanan Jakarta sebenarnya sama saja dengan kos. Harganya sewaktu-waktu bisa naik, namun fasilitas memang lebih lengkap dan terasa nyaman. Semoga ulasan di atas bisa memberi banyak manfaat.