September 21, 2021

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Kurangi Pola Hidup Mager

Duduk bukanlah aktivitas yang "dilarang". Namun, duduk terlalu lama atau pola hidup kurang gerak punya banyak dampak negatif terhadap kesehatan. Beberapa di antaranya seperti kenaikan berat badan, nyeri punggung atau bahu, wasir, hingga meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, terlalu banyak duduk ternyata juga bisa membuat kita lelah dan mengganggu kesehatan mental. Pada akhirnya, diakumulasikan dengan pola hidup tidak sehat, terlalu banyak duduk dan mengadopsi pola hidup malas gerak, atau yang populer disebut " mager", dapat mengurangi kualitas hidup dan meningkatkan meningkatkan risiko kematian dini. Tentu kita tidak perlu menunggu sakit untuk mulai meninggalkan pola hidup mager, kan?

Beberapa kebiasaan sederhana ini bisa kamu mulai demi mulai membangun pola hidup aktif, di antaranya: Saat ini, kebanyakan dari kita memang berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Namun, salah satu kebiasaan yang bisa dibangun untuk menjauhi pola hidup mager adalah menghindari eskalator atau lift dan memilih naik tangga.

Misalnya, ketika kamu harus ke kantor atau pergi ke pusat perbelanjaan. Meski sederhana, namun aktivitas itu bisa membuatmu melakukan aktivitas fisik sederhana, lho. Setelah menyantap makanan favorit rasanya ingin sekali kita "menjatuhkan" tubuh ke sofa nan empuk.

Apalagi jika dalam posisi kekenyangan, sering kali kita juga tergoda untuk rebahan. Namun, cobalah menahan godaan itu. Usahakan kamu tidak duduk dan bergerak setelah makan. Misalnya, membereskan bekas makan dan merapikan makanan sisa atau berjalan santai keliling rumah.

Jika sedang makan di luar, kamu bisa mempraktikannya dengan memarkirkan kendaraanmu agak jauh dari lokasi tujuan. Dengan begitu, kamu punya waktu untuk bergerak lebih banyak ketika menuju ke lokasi dan kembali ke kendaraanmu. Agar bisa membakar lebih banyak kalori, cobalah berjalan cepat

Jangan sepelekan aktivitas ini, sebab jika kamu melakukannya secara rutin beres beres rumah juga bisa membiasakan tubuhmu untuk terus bergerak aktif, lho. Kamu bisa melakukan aktivitas sederhana, seperti menyapu dan membersihkan rumah atau memilah barang barang yang sudah tidak dipakai lagi di kamar. Jika masih kurang, kamu juga bisa membantu orang rumah untuk mencuci atau menyetrika pakaian.

Jika kamu kini sedang bekerja di rumah ( work from home), buatlah kebiasaan untuk jeda secara berkala dan berdiri dari tempat dudukmu. Kemudian, lakukan peregangan ringan agar otot ototmu tidak kaku. Ingin menyelipkan lebih banyak kebiasaan positif di waktu jeda tersebut? Kamu bisa membangun kebiasaan untuk minum segelas air setiap jamnya.

Selain membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, perjalanan singkat untuk mengambil minum juga bisa membuatmu bergerak. Menari adalah aktivitas yang menyenangkan dan bisa menjadi olahraga untuk meregangkan otot otot yang kaku. Pilihlah lagu favoritmu dan luangkan waktu untuk menari sejenak di sela kesibukan.

Jika tidak terlalu suka menari, kamu bisa menggantinya dengan gerakan peregangan sederhana yang dilakukan pada waktu waktu yang telah direncanakan secara berkala. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.