June 19, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

5 Tips Mengatasi Sakit Kepala Migrain

Salah satu jenis sakit kepala yang dialami banyak orang dan cukup mengganggu adalah migrain. Rasa sakit kepala ini bisa sangat menusuk dan terjadi secara berulang-ulang sehingga mengganggu ativitas yang kamu lakukan.

Gejala dari masalah kesehatan ini melingkupi mual dan tubuh terasa lelah dan pada beberapa kasus kamu menjadi sensitif pada suara dan cahaya. Terkadang kamu bahkan akan mengalami muntah atau pandangan menjadi gelap.

Penyakit ini bisa terjadi karena penyebab genetik namun sejumlah faktor lain seperti stres, kecemasan, kelelahan bekerja, dan terlalu banyak mengonsumsi obat. Kondisi lingkungan sekitar seperti cahaya terang, suara berisik, atau bau menyengat juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Migrain bisa mulai muncul sejak usia anak-anak, remaja, atau bahkan ketika sudah dewasa. Penyakit ini seringkali muncul dan tak bisa menghilang secara mudah. Walau begitu masih ada cara untuk mencegah hal ini terjadi. Dilansir dari The Health Site, berikut Lima cara mencegah migrain kambuh kembali.

1. Konsumsi Cukup Air

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa menjadi penyebab kamu mengalami migrain. Dengan cara mengonsumsi cukup air maka tubuhmu akan tetap sehat dan kepalamu bakal tetap jernih.

2. Bangun Tepat Waktu

Bangun pada jam yang sama setiap hari bisa memberikan manfaat pada tubuhmu. Hal ini bisa membuatmu tak bangun kesiangan yang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya migrain.

3. Sarapan Lebih Pagi

Berhenti makan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan hipoglikaemia yang merupakan pemicu terjadinya migrain. Sarapan lebih pagi untuk mengisi perut usai puasa saat tidur bisa menghindari munculnya migrain.

4. Jauhi Komputer

Kerlip cahaya dari layar yang terjadi secara konstan pada mata bisa menyebabkan kamu mengalami migrain. Ketika kamu melakukan hal ini dalam waktu lama, besar kemungkinan kamu bakal mengalami sakit kepala dan migrain.

5. Batasi Kafein

Mengonsumsi kafein pada jam-jam tertentu bisa membuat kamu sulit tidur dan tubuhmu mengalami kondisi tertentu. Hal ini merupakan penyebab migrain yang sebaiknya kamu hindari.

Sejumlah cara tersebut cukup sederhana diterapkan dan memiliki dampak luar biasa terhadap kesehatan. Pastikan untuk menerapkannya terutama ketika kamu mengalami migrain yang mengganggu.