April 20, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Singgung Kemungkinan Ditahan Polisi Sebut Menyerah karena Takut Rizieq Shihab Penuhi Panggilan

Habib Rizieq Shihab akhirnya memenuhi panggilan polisi untuk menjalani pemeriksaan. Setelah sempat diancam akan dijemput, Rizieq Shihab berinisiatif untuk datang sendiri ke Polda Metro Jaya. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut datang ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020).

Dalam kesempatan kali ini, polisi akan memeriksa Rizieq Shihab sebagai tersangka. Kabar ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. "Kami sudah menyampaikan jadwal panggilan hari ini tidak ada, sudah disampaikan panggilan pertama yang bersangkutan tidak hadir, yang kedua juga tidak hadir kemarin sudah saya perjelas bahwa penyidik dalam hal ini akan melakukan penangkapan pada yang bersangkutan," ujar Yusri Yunus kepada awak media, Sabtu (12/12/2020).

"Dengan kehadirannya hari ini ya silakan saja, tidak usah membawa massa, cukup didampingi pengacara saja dengan beberapa orang silakan, tetap laksanakan protokol kesehatan. Kita lakukan pemeriksaan yang bersangkutan," lanjut Yusri Yunus. Rizieq Shihab akhirnya tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) sekitar pukul 10.24 WIB. Ia tampak didampingi beberapa orang menaiki sebuah mobil SUV warna putih.

Berikut deretan update dan fakta baru dari kasus kerumunan Rizieq Shihab. Terkait kedatangan Rizieq Shihab, Kombes Pol Yusri Yunus menyebut pemimpin FPI tersebut datang ke Polda Metro Jaya bukan untuk memenuhi panggilan. Yusri Yunus menyebut Rizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya dikarenakan takut dan akhirnya menyerah.

"Dia menyerah, dia takut, karena takut dia menyerah. Bukan pemanggilan ya," ujar Yusri Yunus. Lebih lanjut, Yusri Yunus mengatakan bahwa Rizieq Shihab takut ditangkap sehingga memilih untuk menyerahkan diri. Terlebih Rizieq Shihab sudah dua kali dipanggil namun tak hadir.

"Jadi Rizieq itu takut ditangkap sehingga dia menyerah dan datang ke Polda Metro Jaya," tambah Yusri Yunus. Jalani pemeriksaan di Direskrimum Polda Metro Jaya, Rizieq Shihab sebelumnya sempat menjalani swab antigen yang dilaksanakan oleh tim kesehatan kepolisian. Hasil swab antigen Rizieq Shihab disebut negatif.

Setelah menjalani tes swab antigen, Rizieq Shihab diberi surat perintah penangkapan oleh polisi. Proses pemeriksaan terhadap pemimpin FPI ini pun dimulai. "Iya swab antigen kemudian kita berikan surat perintah penangkapan, kita lakukan pemeriksaan sebagai tersangka ya", jelas Yusri Yunus.

Sempat mengaku sakit, Rizieq Shihab kini menyebut dirinya dalam kondisi sehat. Pemilik nama asli Al Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab ini mengatakan bahwa ia mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan. "Hari ini dengan izin Allah SWT saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku," ujar Rizieq Shihab, dilansir dari Kompas.com.

Ditanya mengenai kemungkinan penahanannya pada hari ini, Rizieq Shihab tak banyak bicara. Ia mengatakan bahwa itu merupakan urusan belakangan. Baginya yang paling penting kini ia akan menjalani pemeriksaan terkait kerumunan acara.

"Itu nanti belakang, yang penting sekarang ini saya ada pemeriksaan terkait kerumunan," ujar Rizieq Shihab. Berbeda dengan pernyataan Rizieq Shihab, kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar justru mengurai keterangan berbeda. Menurut penuturan Aziz Yanuar, Rizieq Shihab siap jika harus langsung ditahan pada hari ini.

"Insyaallah siap (jika langsung ditahan), beliau siap dengan segala kemungkinan, karena sebagai seorang pejuang," ujar Aziz Yanuar. Lebih lanjut, Aziz Yanuar mengaakan bahwa pihaknya mungkin akan mengajukan praperadilan sebagai upaya pembelaan Rizieq Shihab. Seperti yang diketahui, terkait kasus kerumunan acara Rizieq Shihab yang melanggar protokol kesehatan,olisi menetapkan enam tersangka.

Satu diantaranya yakni Rizieq Shihab sendiri. Sedangkan kelima tersangka lainnya masih diberikan opsi. Kedua opsi tersebut yakni mereka datang sendiri atau ditangkap oleh jajaran kepolisian.

"Lima tersangka itu kita kasih dua opsi, pertama meyerahkan diri sama dengan MRS (Rizieq Shihab), atau opsi kedua kami tangkap," ujar Yusri. Kendati demikian, polisi masih menunggu kehadiran kelima tersangka tersebut.