February 9, 2023

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Vitamin Rambut untuk Rambut Rontok Agar Jadi Lebih Sehat!

Anda mungkin pernah mengalami rambut menjadi mudah rontok. Dengan sekali sisir saja, Anda bisa mengalami rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini memang tidak berbahaya, namun Anda pasti khawatir jika rambut rontok ini dapat menyebabkan kebotakan yang pastinya akan merusak penampilan.

Namun, tahukah Anda bahwa salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat? Saat berbicara tentang menjaga kesehatan rambut, itu berarti Anda perlu memastikan untuk makan cukup protein, zat besi, asam lemak omega-3, dan vitamin B.

Namun, jika Anda merasa makanan yang dikonsumsi tidak mempunyai berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tersebut, vitamin rambut rontok bisa menjadi solusi.

Apa Saja Vitamin untuk Rambut Rontok?

Biotin

Biotin, kadang disebut vitamin H, yang merupakan vitamin B7 yang memperkuat struktur protein di kulit, rambut, dan kuku. Namun, sebagian orang sudah mengenalnya sebagai vitamin rambut yang bisa menumbuhkan rambut lebih cepat.

Biotin bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Jika kadarnya rendah, maka Anda bukan hanya akan alami rambut rontok, namun juga ruam kulit dan kuku yang rapuh. Kecukupan biotin dapat menurun ketika Anda mengalami beberapa hal, seperti:

  • Sedang hamil atau menyusui.
  • Minum obat antibiotik.

Kebanyakan orang memperoleh cukup biotin dari makanan, dan beberapa makanan yang kaya akan biotin seperti kuning telur, biji-bijian utuh, dan daging.

Vitamin A dan C, Seng, serta Selenium

Walaupun Vitamin A dan C membantu kulit kepala menghasilkan sebum dalam jumlah yang sehat, ia juga akan menjaga rambut tetap sehat, bergizi, juga berkilau. Keduanya juga mempunyai manfaat tersendiri.

Jika vitamin A membantu mengurangi kerusakan, maka Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi kolagen, yang keduanya membantu dalam pembentukan rambut yang kuat.

Selain itu, mineral seperti seng dan selenium juga sangat bermanfaat. Seng meningkatkan produksi minyak dengan cara yang baik, menghasilkan sebum dalam jumlah yang dibutuhkan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk memperlambat kerontokan rambut.

Selenium mencegah dan memerangi ketombe dan kulit kepala yang kering dan gatal, yang bisa menghalangi jalur rambut untuk tumbuh. Anda bisa temukan suplemen vitamin yang mengandung beberapa nutrisi in untuk mendapatkan rambut bebas rontok.

Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah dengan alopecia, istilah untuk rambut rontok. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D bisa membantu membuat folikel baru, pori-pori kecil di kulit kepala tempat rambut baru dapat tumbuh.

Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, namun sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Sebenarnya fakta dari vitamin D dalam pertumbuhan rambut masih belum diketahui.

Oleh karena itu, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D dan mungkin masih ada baiknya untuk meningkatkan asupan harian. Tubuh bisa memproduksi vitamin D melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Sumber makanan yang baik untuk vitamin D termasuk ikan berlemak, minyak ikan cod, juga beberapa jenis jamur.

Vitamin E

Mirip dengan vitamin C, vitamin E termasuk anti-oksidan yang bisa membantu menghindari stres oksidatif. Dalam sebuah riset, orang dengan permasalahan kerontokan rambut alami kenaikan pertumbuhan rambut sejumlah 34,5% sesudah konsumsi tambahan vitamin E selama delapan bulan. Biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat ialah beberapa makanan yang kaya vitamin E.

 

Selain memenuhi kebutuhan melalui suplemen dan makanan, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung zinc. Sebagai contoh, rangkaian produk Dove Perawatan Rambut Rontok yang diperkaya dengan zinc. Sampo dan conditioner serumnya mengandung Dynazinc untuk menutrisi rambut langsung dari akarnya. Perawatan dengan Dove Serum Sampo dapat menghentikan kerontokan rambut hingga 99%.