May 21, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Alami Masalah Gatal Pada Kulit? Atasi dengan 5 Bahan Ini!

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah sakit kulit, misalnya kutu air, panu, kurap, dan lain-lain. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang alami penyakit kulit tersebut seperti jarang mandi, terkontaminasi bakteri atau kuman dari orang yang mengalami sakit kulit, tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan, salah pakai produk yang sebabkan alergi, dan masih banyak pemicu lain. Pastikan Anda mengutamakan kebersihan diri dengan maksimal agar terhindar dari penularan penyakit ini.

Bahan yang Bisa Meredakan Gatal Kulit

Penyakit kulit bisa membuat Anda merasa kurang nyaman karena rasa gatal, perih dan sensasi ingin menggaruk bagian kulit yang terkena penyakit. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi masalah kulit yang bisa sebabkan penurunan kepercayaan diri ini. Anda juga bisa membeli produk obat salep di apotek sesuai dengan jenis penyakit yang diderita.

Bila Anda tidak bisa datang ke klinik atau dokter karena kondisi pandemi yang masih berlangsug, maka bisa meredakan rasa gatal di kulit dengan menggunakan 5 bahan alami dilansir dari situs halodoc berikut :

1. Lidah buaya

Menanam lidah buaya di rumah tidak hanya bisa membuat lingkungan menjadi lebih hijau, tetapi bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Cukup ambil gel dari potongan lidah buaya dan oleskan pada bagian yang sakit. Manfaat dari pemakaian lidah buaya tidak hanya bisa mengatasi peradangan akibat alergi, tapi bisa membuat kulit Anda lebih lembab dan sehat.

2. Oatmeal

Selain cocok dijadikan menu sarapan sehat setiap hari, Anda juga bisa mengatasi sakit kulit dengan oatmeal dalam bentuk krim koloid. Tinggal campukan ke air mandi, lalu Anda bisa mulai membersihkan diri memakai krim ini. Dijamin fungsi oatmeal yang mengandung humektan bisa membantu mengatasi rasa gatal, kulit kering dan kasar akibat penyakit tertentu.

3. Kunyit

Bila Anda sering menggunakan kunyit untuk memasak, maka bisa mulai menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mengatasi gatal karena eksim. Kurkumin pada kunyit mengandung antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan dan gatal pada kulit Anda, lho! Anda hanya perlu menyiapkan mental dengan dampak pemakaian bahan kunyit yang bisa membuat kulit Anda tampak kuning. Bila ingin sembuh dari penyakit yang menyerang kulit dengan bahan alami di rumah, sah-sah saja.

4. Es batu

Bila Anda sering mengeluhkan gatal karena menderita penyakit tertentu, maka cobalah untuk mengatasinya dengan memakai es batu. Bahan murah meriah ini bisa Anda letakkan ke dalam kantong kain, kemudian tempelkan ke bagian permukaan kulit yang terasa gatal. Bisa jadi Anda mengalami sakit kulit dan gatal-gatal sebab tidak rajin mengganti pakaian yang berkeringat, tidak mengkonsumsi air putih lebih banyak dan jarang mandi.

5. Minyak kelapa

Bahan alami lain yang ampuh mengatasi penyakit kulit Anda adalah minyak kelapa. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan minyak kelapa yang mengandung antiinflamasi adalah gatal-gatal karena peradangan. Namun, pastikan Anda memang nyaman pakia minyak kelapa serta tidak ada riwayat alergi pada bahan ini.

Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu Anda mengatasi masalah kulit karena dehidrasi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci pakaian, intensitas berganti pakaian saat berkeringat, mandi dengan produk sabun yang berkualitas, serta meminimalisir pinjam meminjam barang pribadi dengan orang lain. Bila Anda menerapkan gaya hidup yang menjaga kebersihan total, maka risiko terkena penyakit kulit tidak akan terjadi. Yuk, mulai rajin mandi dengan produk perawatan kulit yang aman dan terpercaya!