April 11, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Dokter & Masyarakat dari Penyebaran Covid-19 Kebersihan Tangan Penting buat Menjaga Anak

Direktur Jenderal Kementeris Kesehatan RI dr. Kirana Pritasari mengajak seluruh masyarakat untuk memulai hidup bersih dengan mencuci tangan. Menurut Kirana, mencuci tangan pakai sabun merupakan cara sederhana dan efektif dalam mencegah penularan Covid 19, saat ini. Ia juga menilai, mencuci tangan pakai sabun bisa melindungi keluarga serta orang orang disekitar.

Hal itu disampaikan Kirana dalam Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (15/10/2020). "Dalam konteks ini kebersihan tangan sangat penting untuk menjaga anak anak kita, dokter atau tenaga kesehatan, para pekerja dan masyarakat secara umum agar aman dari penyebaran covid 19 dan penyakit menular lainnya," kata Kirana. Kirana menyadari, bahwa fasilitas cuci tangan yang terbatas menjadi salah satu faktor yang membuat prilaku masyarakat belum disiplin mencuci tangan.

Maka dari itu, ia mendorong Kementerian/lembaga hingga kepala daerah segera menyediakan fasilitas cuci tangan di tempat umum. Tentunya, didukung dengan kampanye dan ajakan untuk disiplin mencuci tangan dalam setiap kegiatan. "Namun, disamping kesadaran perilaku dasar yang perlu kita tingkatkan akses kepada fasilitas di CTPS masih terbatas sekitar 40 pesen dari populasi dunia atau sekitar 3 miliar orang tidak memiliki akses kepada sarana CTPS, baik di rumah mereka," ucap Kirana.

"Kurang akses juga di sekolah tempat kerja, fasilitas kesehatan, serta ruang publik tempat orang berkumpul seperti pasar dan pusat transportasi," tambahnya.