Marc Marquez Miliki Peluang Ganti Rekan Duet di MotoGP 2021 Honda Memanas

Kondisi tim Honda diprediksi tengah memanas dengan munculnya spekulasi pergantian rekan duet Marc Marquez. Rumor tersebut beredar mengenai pergantian tandem Marc Marquez di kejuaraan MotoGP 2021 nanti. Kondisi tersebut tak terlepas dengan durasi kontrak yang diberikan Honda kepada Alex Marquez.

Rekan duet sekaligus adik dari Marc Marquez itu hanya diberikan kontrak hingga musim 2020 ini. Tim Honda pun enggan menggaransi kontrak sang pembalap untuk durasi lebih lama, sekalipun ia berstatus sebagai jawara Moto2 2019 dan adik kandung pembalap utama mereka. Kontrak baru akan diberikan Honda, jika Alex Marquez mampu menujukkan penampilan terbaiknya di MotoGP 2020.

Namun dengan kondisi seperti ini, terdapat beberapa faktor membuat pemilik nomor 73 itu diprediksi tak akan langsung nyetel bersama Honda di musim debutnya kelas premier. Pertama, RC213V bukanlah tipikal motor yang mudah dikendalikan. Alex dan Marc memiliki gaya balap yang sangat berbeda, sedangkan RC213V lebih cocok dikendarai oleh rider yang bertipikal seperti Marc Marquez.

Kedua, kondisi pandemi virus Corona sedikit banyak mempengaruhi kondisi dan sentuhan pembalap kepada motornya. Pun dengan Alex maupun Marc Marquez sendiri telah vakum dari motornya selama 2 bulan. Kondisi itu lah yang diprediksi Alex tak akan bertahan di kejuaraan MotoGP 2021 nanti.

Dilansir dari laman , nama Pol Espargaro muncul ke permukaan untuk menjadi tandem anyar Marc Marquez di musim depan. Peluang Pol dibilang lebih besar untuk menjadi duet baru dari Marc Marquez ketimbang Cal Crutchlow. Cal Crutchlow sendiri bukan rider yang asing bagi Honda, mengingat beberapa musim terakhir ini, ia menjadi bagian dari tim satelit asal Jepang tersebut.

Meskipun demikian, pertimbangan Honda untuk merekrut Pol Espargaro ialah usia yang jauh lebih muda dibandingkan dengan Cal Crutchlow. Jika di MotoGP 2021 Pol masih berusia 29 tahun, maka Cal Crutchlow akan menginjak angka 35. Pol sendiri dinilai memiliki kemampuan yang sama baiknya dengan Alex Marquez, kelebihannya ialah terletak pada pengalaman yang ia miliki selama mentas di ajang Grand Prix,

Rumor Marc Marquez akan memiliki tandem baru di MotoGP 2021 diperkuat dnegan pernyataan sang adik. Alex enggan memikirkan kontraknya bersama Honda untuk musim depan. “Saya hanya ingin berlomba dan meraih hasil terbaik. Itu peluang bagi saya mendapatkan kontrak baru bersama Honda,” kata Alex Marquez seperti dikutip Motorsport .

Pembalap muda asal Spanyol itu memilih fokus untuk memberikan kemampuan terbaiknya bersama RC213V. Ia ingin memberikan jawaban atas banyak pihak yang meragukan kemampuan yang dimilikinya. "Mendapat kontrak baru tanpa hasil di trek bukan tipe saya. Sebagai pembalap saya tidak menyukainya," jelasnya menambahkan.

Pernyataan tersebut menguatkan spekulasi bahwa Marc Marquez akan memiliki tandem anyar di MotoGP 2021. Mengingat Alex Marquez diprakirakan akan kesulitan untuk membuktikan kualitasnya bersama Honda di musim debutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *