September 24, 2021

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Tips Mengenali Gejala Suspensi Mobil yang Mulai Bermasalah

Suspensi mobil layaknya kaki dalam tubuh manusia. Suspensi yang bermasalah tentu akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara

Selain bodi, sasis, mesin dan girboks, suspensi mobil juga memiliki peranan penting dalam kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Suspensi atau kaki-kaki yang masih fit tentu akan menjadi kebutuhan bagi setiap pengemudi atau pemilik mobil. Namun layaknya komponen mekanikal lainnya, kaki-kaki mobil Anda pun memiliki masa pakai dan akan menurun kinerjanya seiring masa pakai.

Untuk itu, sangat pentin bagi Anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan berkala pada kaki-kaki mobil, meski saat PPKM seperti sekarang ini, mobil jarang digunakan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui ketika kaki-kaki mobil Anda mulai bermasalah. Sehingga penanganan bisa cepat dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengenali suspensi yang mulai bermasalah? Simak tips mudah yang kami hadirkan berikut ini.

 

1. Muncul suara aneh saat berkendara

per dan sokbreker

 

Beberapa komponen suspensi yang mulai bermasalah akan menimbulkan bunyi saat bekerja

Ketika sedang berkendara dan Anda mendengar suara aneh, mungkin patut dicurigai bahwa suspensi mobil Anda mulai bermasalah. Suara aneh yang dimaksud memang beragam, mulai dari suara berdecit, suara seperti gesekan hingga suara seperti hantaman yang disertai getaran. Segera lakukan pengecekan di bengkel kepercayaan.

 

2. Pergerakan setir terasa aneh

Setir mobil

Jika setir terasa aneh, segera lakukan pengecekan pada bengkel kepercayaan Anda

Aneh yang dimaksud adalah pergerakan setir yang terasa tidak biasa atau tidak normal. Setir bisa saja terasa menarik ke arah tertentu, putaran terasa berat ketika dibelokkan ke salah satu arah, bergetar hingga posisi setir yang tidak center. Jika hal ini terjadi, kemungkinannya adalah mulai terjadi masalah pada kaki-kaki, roda hingga sistem kemudi mobil Anda.

 

3. Muncul rembesan oli

Cek kolong mobil Anda dan lihat apakah ada rembesan oli pada sokbreker atau bagian suspensi lainnya. Jika iya, maka komponen tersebut perlu mendapatkan penggantian segera. Sokbreker misalnya, menggunakan tekanan oli untuk meredam guncangan mobil. Saat terjadi rembesan, kemungkinan seal pada sokbreker sudah lemah dan perlu diganti. Jika tetap dipaksakan, maka membuat kinerja sokbreker menjadi tak maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

 

4. Peredaman mobil berkurang

Gejala ini terjadi apabila komponen seperti per dan sokbreker sudah mulai menurun kondisinya. Perhatikan jika mobil melintasi polisi tidur atau jalan berlubang, jika redaman mobil terasa berkurang, atau bahkan tidak terasa sama sekali, maka Anda disarankan untuk lakukan pengecekan dan penggantian komponen jika diperlukan.

 

5. Mobil terlihat miring sebelah

Mobil Kia Carnival terbaru

Jika mobil terlihat miring sebelah, menandakan ketidak beresan pada suspensi mobil Anda

Hal ini terjadi apabila kinerja per sudah mulai berkurang. Penyebabnya memang bermacam-macam. Sebut saja usia pemakaian hingga kebiasaan menanggung bobot berlebih hanya di satu sisi. Segera lakukan pengecekan dan penggantian lantaran akan mengganggu kenyamanan dan handling mobil Anda.

 

6. Ban aus tidak merata

ganti ban mobil

Ban yang aus tak merata bisa saja disebabkan oleh suspensi atau wheel alignment yang tak lagi ideal

Jika ban terlihat botak atau aus tidak merata, menandakan ada yang tidak beres dengan suspensi atau setelan keselarasan roda atau biasa disebut wheel alignment. Cara paling mudah adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Saat melakukan spooring, akan diketahui penyebab masalah terletak pada kaki-kaki atau pada wheel alignment roda.

The post Tips Mengenali Gejala Suspensi Mobil yang Mulai Bermasalah appeared first on CARRO Blog!.